-->

Penjelasan tentang chipset komputer dan chipset pada smartphone

Advertisemen
CHIPSET

apa itu chipset? terkadang kita sering mendengar kata ini di berbagai tempat terlebih lagi yang berbau teknologi dan lebih tepatnya di bagian elektronik yang lebih tepatnya yang berbau komputer atau smartphone. kita sering melihat akan tetapi jarang yang mengerti tentang apa sebenarnya chipset itu sendiri dan apa fungsinya. di postingan ini saya akan memposting tentang chipset komputer dan chipset pada smartphone.

pada dasarnya chipset itu merupakan sebuah chip yang terdiri dari kumpulan IC yang biasanya terdapat pada mainboard dan berfungsi untuk mengolah data yang ada pada sebuah komputer atau smartphone seperti mengolah grafis, media, mengatur input/output dan lain lain. yasaya akan menjelaskan perbedaan antara chipset komputer dan chipset smartphone.

CHIPSET KOMPUTER

chipset pada komputer memiliki fungsi untuk mengolah grafik, media bahkan mengatur komunikasi dengan perangkat lain. chipset komputer biasanya memiliki du bagian chipset yaitu northbridge dan southbridge walaupun biasanya chipset komputer ada yang memiliki hingga 5 bagian. berikut merupakan funsi dari kedua chipset
1. northbridge
    fungsi dari northbridge merupakan sebagai penguhubung antar komponen lainnya seperti            prosessor, RAM, serta kartu VGA (atau yang mengatur tentang grafis)

2. southbridge
    fungsi dari southbridge adalah untuk mengatur tentang komponen lain yang agak lambat seperti PCI, ethernet, audio, USB, dan sebagainya.

yang intinya dari kedua chipset tersebut dapat disimpulkan bahwa chipset merupakan komponen yang menghubungkan satu komponen dengan komponen lain agar komputer dapat bekerja sesuai semestinya sebagai contoh seperti menghubungkan antara prosessor dengan audio atau vga card yang mengatur grafir tanpa dihubungkannya antara prosessor dengan audio maka audio tidak akan dapan diputar karena tidak diproses oleh prosessor atau sebaliknya audio tidak akan mengeluarkan suara karena kedua komponen tersebut tidak terhubung. maka fungsi dari chipset merupakan sesuatu yang sangat penting peranannya di dalam komputer.

 CHIPSET PADA SMARTPHONE

chipset pada smartphone adalah kumpulan mikrochip yang berfungsi untuk mengatur berbagai fitur yang terdapat pada smartphone itu sendiri. berbeda dengan chipset komputer, chipset pada smartphone bekerja lebih spesifik daripada chipset komputer yang bekerja mengatur grafis, CPU, sound dll, chipset smartphone bekerja lebih spesifik di dalam perhitungan.

dalam hal ini chipset pada smartphone memiliki fungsi yang sangat banyak karena semua komponen dan fitur yang terdapat pada smartphone berada didalam chipset itu sendiri seperti grafis, audio, koneksifitas, kamera, sensor, display/LCD, semua terdapat pada chipset itu sendiri jadi semua komponennya terdapat pada chipset.

jadi saran saya untuk anda yang ingin membeli smartpone atau tablet sebaiknya anda melihat spesifikasi nya di bagian chipset karena chipset merupakan komponen paling penting dalam smartphone bukan hanya melihat dari kapasitas RAM (biasanya ini cowok gamer), memori inernal, ataupun kameranya  (kalau kamera sih biasanya cewek ini) saja. karena semua itu akan percuma jika smartphone atau tablet tersebut memiliki kamera atau RAM yang besar akan tetapi chipsetnya kurang memadai maka komponen lainnya tersebut akan tidak bekerja dengan maksimal. sebagai contoh kamera, jika kamera sebuah smartphone memiliki besar pixel sebesar 5MP akan tetapi chipset nya tidak mampu untuk memproses grafis dengan baik maka kualitas gambarnya tidak akan maksimal.


semoga bermanfaat....
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 wahyu kuncoro blog - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger